27 Hari di Sulawesi Selatan (Bagian 2)

Bagian 1? Baca di sini!

16 Juni 2013. Pagi hari, niatnya saya mau jogging, mengecilkan pipi dan perut yang semakin hari semakin seperti balon. Namun, apa boleh buat saya harus mengurungkan niat jogging saya karena pintu depan pondokan tempat saya menginap masih digembok😦 Terus? Ya tidur lagi, hingga akhirnya waktu menunjukan pukul 11.30. Suhu udara kota Makassar saat itu berkisar 33 derajat Celcius. Kamar saya masih berantakan, saya belum mandi, belum packing, sedangkan saya rencana dijemput jam 12 siang untuk bertolak ke Jeneponto. Hoalah!

Sadar akan waktu yang berjalan begitu cepat, saya pun mandi seadanya, pakai baju seadanya, nyisir, rapihin muka seadanya, packing pun seadanya. Karena serba seadanya itu, alhasil barang yang seharusnya saya bawa itu muat dalam satu tas saja, sekarang malah jadi tidak muat lagi saudara-saudara! Apa gerangan yang terjadi? Apakah ada yang salah dengan barang bawaan saya? Atau secara tidak sadar saya mengangkat jemuran orang lain lalu saya packing di dalam tas saya? Semua itu masih menjadi misteri yang tak terungkap.  Ternyata gara-gara jajanan saya seperti minuman dan makanan ringan. Karena pasti gak bakal keangkut, akhirnya saya bagi-bagikan ke penghuni pondokan.

Waktu menunjukan pukul 12.15, dan saya mendapatkan pesan dari PAO ACCESS Sulsel (PAO: Project Administration Officer) bahwa katanya beliau datang agak telat menjemput saya. Saya pun bisa bernafas lega, karena packing saya belum selesai! Saya juga bilang bahwa saya akan makan siang dahulu, dan saya pun merubah rencana yang tadinya dijemput di Yamaha Pettarani jadi di McDonalds Pettarani.

12.30 siang, cuaca sangat terik dan panas. Dengan membawa 2 gembolan, saya harus berjalan menyusuri komplek Suka Maju hingga McDonalds Pettarani yang jaraknya kurang lebih 1,5km. Dari Suka Maju hingga Yamaha kurang lebih 1km. Dan saking malasnya saya menyusuri sisa 500m itu, saya naik angkot. Lucu juga melihat ekspresi penumpang lain ketika saya dengan susah payah naik angkot harus turun lagi dengan susah payah hanya dalam rentang waktu tak sampai 1 menit angkot itu berjalan. Dekat sekali ternyata….

Karena berbagai hal akhirnya saya bertolak menuju Jeneponto sekitar jam 3 sore. Terlalu panjang jika berbagai hal tersebut diceritakan. Jeneponto, salah satu Kabupaten di Sulawesi Selatan, atau seringkali disebut Bumi Turatea ini terkenal dengan Coto Kuda-nya. Pertama, ketika ditawarkan, saya merasa iba, kasihan kudanya. Tapi… karena penasaran, ya sekali-kali tidak apa-apalah (labil)😀

Coto Kuda khas Jeneponto (http://beautiful-lina.blog). Saya tidak sempat ambil gambar karena memang kurang hobi foto makanan🙂

Rasa daging kuda itu kurang lebih sama dengan daging kerbau, bedanya dia seratnya lebih banyak jadi agak kenyal. Meskipun begitu masih mudah dikunyah kok. Dicampur dengan ketupat, daun seledri, bawang goreng, dan perasan jeruk nipis semakin membuat coto ini nikmat. Tapi katanya gak boleh banyak-banyak, nanti darah tinggi😛

Next! Waktu menunjukan pukul 7.30 malam. Hari semakin gelap, masih di Jeneponto, dan malamnya saya akan menginap di Hotel Bintang Karaeng. Pertama kali ketika tiba di hotelnya, saya merasa curiga, benarkah saya sudah tiba di hotelnya? Kok gelap sekali? Di mana ini? Dan berbagai macam prasangka buruk mulai melintas di pikiran saya.  Ternyata akses hotelnya memang dari samping, depan hotel menghadap langsung ke pantai jadi tidak ada jalan. Oalah! Kemudian yang lebih syok itu ternyata kamar mandi hotelnya… gede banget, macam berasa mandi di alam gitu tapi jadinya aneh. Bahkan kalau saya bilang, lebih luas daripada kamar tidurnya sendiri:/

Karena pintu masuk kamar mandi sempit, dan lensa kamera saya tidak wide-angle, jadi masih keliatan sempit. Sebenarnya ini luas sekali! Disampingnya ada kloset duduk, dan wash-basin lengkap dengan kaca yang cukup aduhai.

Hari sudah malam, saya pun terlelap dan tidak sabar menanti hari esok untuk kegiatan selanjutnya. Perjalanan masih panjang bro!

 

Bersambung …

1 Comment

Leave a Reply

