[Review] OH MY GOD (2009)

There is ideological corruption, financial corruption, political corruption, but the worst of them is religious corruption where people use religion to serve their own desire and hidden agenda

Kamu yang sudah menyaksikan film ‘Tanda Tanya’ (?) karya Hanung pasti akan tertarik melihat film dokumenter karya Peter Rodger ini. Sebuah mahakarya yang menurut saya benar-benar memaknai arti ‘pluralisme’ yang sebenarnya. Saya disini tidak akan membandingkannya dengan film ‘Tanda Tanya’ (?) karena secara konteks dan genre-nya saja sudah berbeda.

Premisnya simpel, 1 filmmaker berkeliling ke 23 negara dan membawa satu pertanyaan yang bagi sebagian besar orang terlalu sensitif untuk dipertanyakan: “What is God?”. Dalam durasi 93 menit, kamu bakal diajak berkelana keliling dunia dan mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut dari berbagai sudut pandang. Tokoh masyarakat, selebritis, ulama, pelajar, anak kecil, dan lain-lain. Dengan sinematografi yang menurut saya biasa saja tapi menjadi luar biasa berkat teknik editing yang (menurut saya lagi) nyaris sempurna.

Scene from 'Oh My God' movie
Scene from 'Oh My God' movie

Mulai dari U.S, lalu beralih ke Afrika, hingga dataran tinggi Tibet di Asia sampai Indonesia. Kemudian kamu akan kembali diajak menelusuri indahnya dataran Eropa. Belum lagi penyajian kultur dan budaya asal negeri tersebut membuat seorang penjelajah seperti saya hanya bisa menahan nafas ketika menyaksikan berbagai macam budaya dan agama.

Belum lagi pesan ‘pluralisme’ yang dibawa oleh film dokumenter ini sungguh sarat makna. Setiap orang mempunyai interpretasi atau pandangan yang berbeda-beda tentang arti ‘Tuhan’, di awal mungkin memang terkesan alur-nya lompat-lompat dan berantakan, tetapi semakin lama hingga pada penghujung film ini semakin jelas tujuan sutradara membuat film ini. Karena di film ini juga kamu akan diajak bermain dalam perspektif sang sutradara. Beberapa personal notes dari sutradara juga ditampilkan. Di penghujung film, pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa ‘Tuhan’ adalah……….yah silahkan ditonton, dicermati, dan dimaknai sendiri. Tontonlah dengan pikiran, mata, dan hati terbuka🙂

Scene from 'Oh My God' movie

My Rating: 4.5/5

IMDb Rating: 6.4/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s