Mau dibawa kemana industri pelayaran Indonesia?

NKRI

Indonesia memiliki laut teritorial terluas di dunia dan Zona Ekonomi Eksklusif terluas ke-12 di dunia. -UNEP

Sejatinya sebagai negara yang wilayahnya terdiri dari kepulauan, Indonesia memiliki industri pelayaran yang bermutu. Industri pelayanan nasional berguna untuk meningkatkan daya saing Indonesia di pasar global, karena nyaris seluruh komoditi untuk perdagangan internasional diangkut dengan menggunakan sarana dan prasarana transportasi maritim. Selain itu, industri pelayaran juga menyeimbangkan pembangunan kawasan (antara kawasan Timur Indonesia dan Barat) demi kesatuan Negara Kepulauan Republik Indonesia.

United Nations Environment Program (UNEP) mencatat bahwa luaswilayah perairan Indonesia adalah hampir 1/3 dari luas daratan. Untuk detil-nya lihat tabel di bawah ini.

Perbandingan luas daratan & perairan Indonesia

Masalah yang dihadapi oleh industri perairan Indonesia sebenarnya sangat klasik tetapi miris. Perhatikan Indonesian Fleet Profile di bawah ini:

Rata-rata umur kapal di Indonesia adalah 20 tahun ke atas. Lalu perhatikan jumlah totalnya yaitu 4.213 kapal. Jika dibandingkan dengan luas perairan Indonesia yang mencapai 6,1 juta kilometer persegi maka rasio kepadatan perairan adalah 1 kapal tiap 1.453 km persegi. Artinya dalam radius 1.453 km persegi hanya dapat terlayani oleh 1 kapal.Padahal jika kita perhatikan permintaan pasar terhadap transportasi pelayaran di Indonesia jumlahnya dari tahun ke tahun semakin meningkat bahkan diprediksikan pada tahun 2024 jumlahnya akan sama dengan permintaan transportasi udara.

Grafik permintaan transportasi laut di Indonesia

Di sisi lain, hal tersebut juga berdampak pada eksplorasi sumberdaya alam di Indonesia. Bisa dilihat bagaimana negara kita sering kecolongan dalam hal eksplorasi sumberdaya terutama di kawasan Indonesia bagian Timur.

Miris? Sebagai salah satu warga negara kepulauan, saya merasa miris. Tapi ini juga menjadi cambuk bagi pemerintah dan juga kalangan akademisi untuk memajukan industri pelayaran di Indonesia.

Bagaimana opini kamu?

2 Comments

  1. Memang permasalahan pelayaran ada pada jumlah kapal, Namun dengan adanya UU Cabotage di Indonesia yang mewajibkan kapal yang berlayar di Indonesia harus ber bendera indonesia, jumlah kapal buatan ataupun yang berbendera di indonesia jumlahnya meningkat dr tahun 2005 hingga sekarang.Yang harus diperhatikan juga adalah kualitas dari galangan galangan di indonesia, sampai saat ini jumlah galangan di indonesia berjumlah 100 lebih.dari perusahaan swasta atau negeri,bagaimana caranya dari suatu galangan untuk menyelesaikan proses pembuatan kapal se efisien mungkin.Mungkin dr beberapa uraian di atas dapat menanmbahkan informasi dari penulis

    1. Galangan kapal memerlukan bahan baku yaitu besi, sedangkan industri besi seperti KS tidak mampu menyediakan keseluruhan bahan baku yang diperlukan oleh galangan kapal dan mau tidak mau akan menggunakan besi impor untuk membuat kapal baru. Ini mengakibatkan harga kapal menjadi tinggi.
      Dengan harga kapal yang tinggi akibatnya pelayaran nasional tidak mampu membuat kapal baru di galangan kapal indonesia untuk meremajakan armada kapalnya, selain daripada itu dari segi pendanaan / perbankan juga menerapkan bunga yang cukup tinggi dalam pendanaan kapal oleh perusahaan pelayaran nasional.
      Akibatnya, asas Cabotage dimaknai hanya sebagai pergantian bendera dari bendera asing menjadi bendera Indonesia, faktanya sangat banyak kapal kapal asing yangdibeli atau dimilki sahamnya oleh warna negara Indonesia melakukan pergantian bendera.
      Sehingga tujuan dari asas Cabotage tidak tercapai sebagaimana di tegaskan dalam pasl 8 UU no 17 thn 2008 tentang pelayaran yaitu; asas cabotage harus menggunakan kapal nasional yang dimiliki, dibuat dan diawaki orang Indonesia

      demikian pandangan kami.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s