Dukung tim Entferner Korruption UI dalam “Anak Muda Berantas Korupsi”

Korupsi di sektor publik banyak ditemui, terutama keterkaitannya dengan layanan-layanan yang dibutuhkan, seperti di sektor pendidikan dan kesehatan. Namun, yang tak kalah marak adalah korupsi sektor pengelolaan sumberdaya alam, pertambangan, migas, penebangan kayu, perkebunan skala besar dan lainnya.

Untuk itulah ICW (Indonesian Corruption Watch), Ramon Magsaysay Foundation dan JATAM (Jaringan Advokasi Tambang) mengadakan Lomba Investigasi Korupsi “Anak Muda Berantas Korupsi”

Dewan Juri terdiri dari Agus (Koordinator investigasi Redaksi Tempo), Teten Masduki (Ahli/ Praktisi Anti Korupsi), Emerson Yuntho (Ahli hukum), Siti Maimunah (Koordinator JATAM).

Lomba ini dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama adalah penyusunan proposal investigasi, dan tahap kedua adalah penyusunan laporan hasil investigasi. Proses penyusunan proposal telah berakhir pada tanggal 13 Juli 2009 yang lalu dan diketahui terdapat 40 proposal yang masuk ke Dewan Juri. Namun, dari 40 proposal tersebut, hanya 5 tim yang terpilih untuk melanjutkan ke tahap kedua dan mendapatkan Award Investigasi.

Dan ternyata, syukur Alhamdulillah saya dan teman-teman dapat berhasil lolos seleksi pertama dan masuk ke dalam lima besar. Tim kami beranggotakan 5 orang dan dinamakan Entferner Korruption [german : penghapus korupsi].

1. Chandra Hartanto [FT/Elektro/ 2008]

2. Emir Hartato [FMIPA/Geografi/2008]

3. Prakoso Anto N. [FH/Ilmu Hukum/2008]

4. Radian Adi Nugraha [FH/Ilmu Hukum/2008]

5. Rangga S [FH/Ilmu Hukum/2008]

Berikut adalah 5 tim yang lolos ke tahap selanjutnya :

– Regu Belajar Sekolah Ekonomika Demokratik : Jasmas, Korupsi Atas Nama Rakyat

– Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom UNPAD) : Pembangkit Listrik Tenaga Uang

Entferner Korruption Universitas Indonesia : Indikasi Tindak Pidana Korupsi Dalam Lingkungan Kereta Api Listrik Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi

– BEM Fisip Universitas 45 NTB : Korupsi Dalam Sistem Pelayanan Penempatan Dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (Tki) Pada Balai Pelayanan Penempatan Dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (Bp3tki) Propinsi Nusa Tenggara Barat

– Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman : Mengungkap Sisi Gelap izin KP di Samarinda

Mohon doa dan restu dari seluruh keluarga Universitas Indonesia agar kami dapat membawa nama kampus ini dalam memberantas korupsi di Indonesia.


3 Comments

  1. eh mir topiknya interesting bgt, like this deh.. kereta lagi kereta lagi lo hahaha. good luck yaa bawa nama ui. gmn cara kita dukung? ada nomer yg msti di sms reg spasi gitu? hehe

    eh bukannya lo ada blogspot ya mir?

  2. Sadis,,
    Keren banget tim ini bisa tembus 5 besar dari sekian banyak proposal dari seluruh Indonesia.
    Apalagi personil-personilnya lebih keren lagi,,haha..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s