Internet Sehat : “Protecting Children and Youth in Cyberspace”

Kemarin (Kamis, 27 Mei 2009), gw mengunjungi Talkshow yang diadakan oleh Internet Sehat, temanya adalah Protecting Children and Youth in Cyberspace. Di situ ada pakar internet Pak Onno Purbo, dan berbagai narasumber lainnya seperti

– Lola Amaria (Blogger, Pekerja Seni dan Film)
– Harry D.J. (Praktisi Mobile Internet, Manager XL-Care)
– Donny B.U. (Blogger, VP Detikcom)

Acaranya sendiri bisa dibilang gak sesuai dengan topik yang dibicarakan. Karena kalo dilihat dari temanya berat abiez keliatannya. Apalagi anak dan remaja merupakan aset pembangunan bangsa loh *halah*. Tapi talkshownya dikemas secara interaktif jadi gw betah deh dari jam 3 sore sampe jam 6 sore nongkrong dan makan-makan di sini.

Okay, acaranya sendiri lebih ke sharing-sharing beberapa kasus yang berhubungan dengan anak, remaja, dan internet. Apalagi sekarang anak-anak dan remaja tongkrongannya udah beda, kalo nggak di hotspot paling di warnet. Namun, perlindungan anak terhadap situs-situs porno dan berbahaya itu penting, buat remaja juga penting~ Apalagi remaja yang doyan banget chatting or Facebook-an setengah malem suntuk harus mengetahui etika-etika berinternet sehat. Ada suatu kasus yang diceritakan oleh Bang (atau Kang, atau Mas, atau Om..??) Donny (Vice President Detikcom) katanya mahasiswi-nya pernah dateng dan ngadu bahwa dirinya telah disakiti *halah bahasanya*. Ini bukan disakiti secara fisik, tapi ada temannya yang membuat blog lalu memuat foto dirinya yang lumayan “lagi buka-bukaan”, lalu di samping foto tersebut tertulis-lah..NAMA, ALAMAT, NOMOR TELEPON, dan TARIFF..identitas asli dibeberkan begitu saja di internet. Spontan banyak banget yang menghubungi mahasiswi tersebut. Ck..ck..ck..Parah banget!

Lola Amaria juga bercerita tentang suami istri yang bertengkar gara-gara Facebook. Ia berpendapat Facebook itu mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Damn, she’s right! Bisa aja dari suami atau dari istri bisa terlibat CLBK (cinta lama bersemi kembali) dengan mantan-mantannya sewaktu SMA atau kuliah. Hahahaha….

Okay, back to topic, kembali ke masalah pengamanan anak dan internet, talkshow ini juga membahas pengenalan internet kepada anak itu penting karena dengan internet anak jadi melek dunia. Asalkan peran orang tuas di rumah dan guru di sekolah selalu memberikan pengawasan dengan meng-install software filter seperti K9 Web Protection agar si anak tidak membuka-buka situs-situs yang “diharamkan” (you know what I mean..).

Okay, segitu aja dulu, lagi buru-buru nih, gak mau ketinggalan kereta..Hahaha.

Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s