HOAX, sebuah informasi palsu

From Wikipedia :

“Sebuah pemberitaan palsu adalah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut adalah palsu. Salah satu contoh pemberitaan palsu yang paling umum adalah mengklaim sesuatu barang atau kejadian dengan suatu sebutan yang berbeda dengan barang/kejadian sejatinya.”

Yuph, sekarang entah mengapa gw interest untuk membahas istilah yang satu ini. Walaupun gw gak tau istilah ini pertama kali datangnya dari mana, sebenarnya gw udah sering dapet berita-berita aneh, tetapi kebenarannya ditulis “dengan benar” (walaupun sebenarnya itu berita bohong tapi siapa sangka gaya penulisannya seperti media) dan mempunyai efek menggemparkan bahkan dikategorikan “luar biasa” (KLB kalee..).

Pernah denger gak? Berita tentang kecelakaan wahana Dufan Tornado? Pake melibatkan seorang paranormal kondang Mama Lauren segala. Dan bego-nya masyarakat kita langsung mudah percaya seakan terbius akan nama Mama Lauren yang sudah lama malang melintang di dunia paranormal.

Contoh niih:

“smua HANDPHONE malam ini dimatikan. Menurut METRO TV, pada jam 11 malam ini akan ada gelombang radiasi yang besar yang berbahaya utk manusia. yang akan tertangkap oleh semua hp & pemancar. Beritahu yang lain/teman2 jgan taruh hp dekat kepala.Just Forward”

Atau bahkan HOAX yang bawa-bawa Agama ?

“Jangan pakai operator AXIS, karena operator tersebut merupakan aliansi pemuja gereja setan. Ciri-cirinya lambang seperti salib, banyak warna ungu….dst.”

Masih banyak jenis-jeni HOAX lainnya yang menurut gw gak penting banget buat kita perhatikan. HOAX banyak merebak melalui internet (apalagi sekarang jamannya nge-blog..) seperti friendster, facebook, dan e-mail. Bahkan sekarang HOAX pun ditulis dalam bentuk buku??!!

Kalo gw jalan-jalan ke Gramedia, biasanya gw mampir ke bagian Agama dan lihat-lihat buku Seri Akhir Zaman. Gw bingung, kenapa penerbit buku seri tersebut menerbitkan buku-buku aneh seperti “Tahun 2015 Imam Mahdi akan Datang” atau “Kiamat 2012?”. Gw baca-baca itu buku, dan menurut gw banyak yang harus disikapi terhadap isi buku tersebut karena banyak isinya yang menyinggung ciri-ciri HOAX. Let’s see..(ini menurut pemaparan gw loh..) :

1. Efek menggemparkan

Penulis berusaha meyakinkan pembaca dengan menulis besar-besar : KIAMAT 2012..Gimana itu nnggak bikin orang geger???

2. Penulis berusaha meyakinkan pembaca dengan menggunakan fakta-fakta yang tertulis dengan bahasa ilmiah dan belum tentu pembaca itu mengerti. Yang penting kesimpulan akhir bertujuan tetap untuk meyakinkan pembaca.

Yaaa kalau dalam kasus 2012 ini disinggungkan sama kalender suku Maya (bukan Luna Maya..). Gw nggak begitu jelas dan nggak begitu ngerti walaupun banyak arkeolog-arkeolog (entah beneran ada atau nggak..) yang berpendapat.

3. Kesimpulan yang berusaha untuk mengajak sesat orang lain..

Pada bagian akhir tulisan biasanya terdapat “..sebarkan..”, “..beritahukan kabar ini kepada orang yang Anda cintai..”..bla..bla..bla..

Menurut gw, buku-buku semacam itu bagus untuk mengingatkan kita untuk memperkuat iman dan selalu mengingat-Nya. Tapi kalau ternyata diluar nalar seperti menyebutkan TANGGAL TERJADINYA KIAMAT (disebutkan : 21-12-2012) yang entah kapan terjadinya gw langsung bingung dan bertanya-tanya : “Emang orang bisa tahu kapan kiamat?”..

Bukannya gw agamis, tapi dalam ajaran gw (islam), Allah SWT itu selalu menyembunyikan rahasia-Nya dengan sempurna termasuk kapan kiamat itu sendiri akan tiba. Jadi jangan mudah percaya dan buru-buru langsung dzikir sampai tengah malam! Malah jadi syirik itu ~.~

Intinya..HOAX kini nggak cuma datang dari internet saja, bahkan dari media cetak pun udah banyak. Pokoknya setiap berita yang masuk jangan langsug percaya, klarifikasi dulu kebenarannya biar nggak termakan isu. Apalagi di zaman sekarang arus informasi termasuk akses informasi bisa dibilang sangat cepat menambah kemungkinan bahwa berita-berita atau kabar-kabar yang ada belum tentu benar.

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s