Andaikan tiap manusia seperti Badshah Khan

Baru beberapa minggu yang lalu gue mendengar nama Badshah Khan (1890-1988). Setelah gue googling dan juga cari-cari informasinya ternyata Badshah Khan (walaupun sama-sama Khan tapi ia gak punya hubungan saudara dengan Sakhrur Khan loh ^^;) ini adalah salah satu pahlawan muslim anti-kekerasan yang berasal dari Suku Pashtu (perbatasan barat laut antara Pakistan dan Afghanistan). Begitu menakjubkannya seorang Badshah Khan ini. Konon, selama hidupnya ia tidak pernah perang mulut apalagi berkelahi (gak seperti gue, disenggol dikit langsung ngamuk ,hehe..). Beliau adalah salah satu pengikut setia Mahatma Gandhi yang mempunyai prinsip bahwa dengan menumbuhkan sikap antikekerasan akan menghilangkan segala kezaliman di muka bumi ini.

Salah satu cerita yang pernah gue baca adalah ketika ia berusaha menumbuhkan gerakan antikekerasan dari kampung ke kampung selama 80 tahun dan juga mengajak para pemuda untuk membendung segala bentuk kekerasan yang ada. Yang lebih menakjubkan lagi, Khan berhasil membebaskan India tanpa pertumpahan darah dari jajahan Inggris. Bayangkan jika negara-negara lain harus menempuh jalan kekerasan (baca : perang) untuk memerdekakan tanahnya dan Badshah Khan mampu memerdekakan tanah India tanpa kekerasan.

Dari kisah yang gue baca di beberapa buku, katanya Badshah Khan ini sering keluar masuk penjara. Gue enggak tahu alasannya kenapa orang seperti dia sering keluar masuk penjara. Berikut kutipan yang gue dapet dari Wikipedia :

“I had to go to prison many a time in the days of the Britishers. Although we were at loggerheads with them, yet their treatment was to some extent tolerant and polite. But the treatment which was meted out to me in this Islamic state of ours was such that I would not even like to mention it to you.”

Cukup satu yang bisa gue pelajari dari secuil (karena emang belum dan baru akan mengetahui lebih dalam) kisah Badshah Khan yaitu dengan menumbuhkan sikap kesabaran dan antikekerasan insya Allah kita semua dapat membasmi segala bentuk kezaliman di dunia ini. Apalagi sekarang dunia sedang kacau balaunya. Hari demi hari pasti kita mendengar berita perang (baik adu jotos maupun adu mulut). Bosan rasanya melihat korban perang yang terus menerus bertambah hanya karena kepentingan yang sebenarnya tidak penting untuk diperdebatkan. Untuk itulah gue berandai-andai jika tiap manusia di dunia ini seperti Badshah Khan atau minimal dapat mengamalkan sikap antikekerasannya. Dan tentu saja kita semua dapat menumbuhkan sikap antikekerasan tersebut dari diri kita sendiri. Yaaah minimal tumbuhkan sikap sabar dan berusaha menghindari konflik dengan orang lain. Dengan dimulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar kita, insya Allah kita tidak perlu berandai-andai tiap manusia seperti Badshah Khan lagi.

8 Comments

  1. ternyata ada pejuang muslim di india ya. selama ini orang cuma tahu kalo pejuang india adalah mahatma gandhi, ternyata ada juga yang namanya badshah khan.

    nice posting

    1. iyah..siapa tau daet bukunya badshah khan..pengen tau lebih lengkap riwayatnya karena source-nya masih dikit banget..

  2. Mari berguru pada air karena ia memilih mengalir, menembus kokohnya pegunungan yang harus dilewatinya untuk mencapai hilir. Air pun mampu mengikis batu karang yang keras. Ia lembut dan kelembutan adalah kekuatan. Ia yang kuat memilih bertindak tanpa kekerasan. Suatu tindakan yang membutuhkan nyali karena tidak banyak orang yang memilihnya.

    Ekhnat Easwaran dalam buku ini menyampaikan pesan dua tokoh pionir antikekerasan, Badshah Khan dan Mahatma Gandhi dengan keindahan yang menyentuh hati siapa saja yang merindukan kedamaian.

    Seperti Badshah Khan mengatakan:

    Aku memiliki mimpi besar, kerinduan yang besar.
    Seperti bunga-bunga di padang gurun,
    orang-orang sebangsaku lahir,
    mekar sesaat tanpa ada yang merawatnya,
    mereka layu, dan kembali menjadi debu.

    Aku ingin melihat mereka berbagi suka dan duka. Aku ingin melihat mereka bekerja sama sebagai rekan yang sejajar. Aku ingin melihat mereka berperan bagi negara dan dunia, melayani Tuhan dan demi kemanusiaan.

    ***

    “Ditulis dengan lengkap …cerita heroik yang menginspirasi.”
    – The Los Angeles Times Book Review

    “Dengan biografi yang luar biasa seperti ini, Khan bisa menjadi satu kekuatan dunia. Kekuatan yang tidak akan bisa dihentikan oleh tentara atau penjara.”
    – The Washington Post

    “Dengan teladannya, Khan meminta kita sebagai sesama untuk membentuk sejarah.”
    – The New Yorker

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s