Orientasi Kehidupan Fakultas MIPA UI

Dear bloggers,

Sekarang rasanya gw hampa banget dagh! Pengen mati aja dikejar deadline tugas yang sangat ketat. Belum lagi ke-egoisan dosen yang mengubah-ubah jadwal kuliah gara-gara do’i kagak masuk di pertemuan sebelumnya. Pusing dagh gw!!

Daripada gw ngomel-ngomel terus gak jelas,gw pengen berbagi pengalaman aja kuliah selama 2 semester ini. Gw udah melakukan observasi di sekitar Fakultas tempat gw kuliah yang katanya Fakultas Pesantren sampai dijuluki UIN-nya Depok..*masa sih?? =_=”* Yah, barangkali hasil observasi ini berguna buat yang kepengen nyasar dan berkeriting ria dengan science di sini atau sekedar pengen tahu *jangan berharap pengen tempe..halah* So, ini dia senarainya..

Photography by Emir Hartato

Fakultas MIPA tampak belakang terlihat gedung departemen tempat gw kuliah!! Yak Geografi!! (Photography by Emir Hartato)

Okay..Pertama kali gw masuk Fakultas sini biasa aja gitu..Nothing special, until then..Terlihat kejanggalan-kejanggalan yang cukup mengagumkan. Gw berdecak kagum. Waktu sholat sunnah Dhuha banyak banget mahasiswa-mahasiswi yang mengantri ambil air wudhu untuk melaksanakan Dhuha. Waaah!! Dan ternyata 80% wanita di sini berkerudung (ato berjilbab? gw bingung beda jilbab dan kerudung apa sih? gunanya sama kan???) dan 70% cowoknya (terutama pada hari Jum’at) mengenakan baju koko atau baju lengan panjang (WAKS!!). Bahkan demi menjaga kesucian *halah*, BEM FMIPA UI memasukan program kerja J.CO yang berarti “Jilbab n’ COco Days” setiap Jum’at.

Mungkin hal itu pula membuat kawasan FMIPA UI merupakan kawasan (hampir) bebas “Orang Pacaran”, dimana pacaran di FMIPA sangatlah tabu. Pengalaman, waktu itu gw lagi nemenin temen gw (cewek) yang sedang nungguin temennya sendirian (ngerti gak? hahaha..). Jadi, saat itu gw cuma duduk berduaan doang di samping pos satpam sebelah gedung geo. Bukan pacaran tapi ajaibnya orang-orang sekitar memandang kita berdua ini dengan tatapan yang baru pertama kali liat orang cewek dan cowok berduaan gitu..PARAH!!! Jadi, intinya kalo mau pacaran mending di luar lingkungan MIPA aja ye!

Next!! Dari sisi akademis, konon katanya butuh waktu 4 – 5 tahun untuk menyelesaikan studi di Fakultas ini. Hanya orang-orang yang “terpilih” untuk lulus dengan predikat “terancam cum laude” tepat waktu 3,5 tahun. Sama seperti Fakultas lain, mahasiswa dibagi ke dalam 4 kelompok :

1) Study Oriented –> Mahasiswa ini cenderung lebih fokus ke urusan kuliahnya. Kebiasaannya “KUPU-KUPU” (Kuliah-Pulang-Kuliah-Pulang), sangat pasif dan tipe penyendiri. Tidak aktif dalam organisasi kemahasiswaan apapun. Biasanya IPK-nya yahud..

2) Active Oriented –> Mahasiswa ini cenderung kebalikan dari Study Oriented karena memang sangat aktif dan eksis di berbagai organisasi kemahasiswaan, ia dijuluki si “KURA-KURA” (Kuliah-Rapat-Kuliah-Rapat). Ikut BEM, ikutan demo (aksi), de-el-el. Saking aktifnya sampai-sampai kuliah pun terbengkalai. Biasanya IPK-nya pas-pasan (tapi ada juga yang tinggi, hanya saja sangat langka)

3) Half-Study/Active Oriented –> Ini titik temu dimana mahasiswa itu kuliah dan juga aktif. IPK cenderung stabil..antara 2.75 – 3.50 lha..bahkan ada yang lebih dari itu.

4) Non-Oriented –> Mahasiswa yang gak tau diri, kuliah kagak, aktif  kemahasiswaan juga kagak. Kerjanya ngebuang duit kuliah yang capek-capek dibayar sama ortu-nya. Ada loh orang kayak gini, di angkatan gw aja ada 1 (inisialnya “A”).

Well..Gw bagi-bagi 4 kriteria itu ke dalam 6 departemen yang ada di FMIPA UI..Here it is!!

MATEMATIKA

Departemen matematika bisa dibilang mahasiswanya asik, unik punya, dan punya daya kreatif yang tinggi untuk memanipulasi angka-angka. Cowok-cowoknya standar, cewek-ceweknya juga standar. Serba standar, rata-rata anak matematika sangat polos. Sebagian ada yang Study Oriented, sebagian lagi ada yang Active Oriented (Ketua BEM MIPA sekarang anak Matek yang pegang loh!). Style khasnya kalo cowok : Rambut gondrong bergimbal-gimbal kayak “Giring”-NIDJI atau “klimis” gak jelas dan suka melihara jenggot! Kalo cewek : rata-rata manis, berjilbab, kalo ketawa-ketiwi adem banget liatnya. Dalam hal olahraga, Departemen Matek mahasiswanya yaaaa cukup lha! Ratio mahasiswa : mahasiswi masih balance kok..Jadi, kalo mau masuk matek, yaaa selama lo bisa ngerangkul kepolosan mereka, you’re gonna be fine!

FARMASI

Eits..Bukan nakut-nakutin, bukan karena Farmasi adalah salah satu departemen favorit yaaa..Tapi ini benar-benar realita yang  terjadi di kalangan gw (anak geo), dan temen gw (fisika). Anak-anak Farmasi tuh SUMPAH!! Study Oriented abis! Sampai-sampai mereka rela harus seharian di perpustakaan atau pulang ke rumah/kost setelah kuliah dan langsung menuju meja belajarnya. Mereka sangat jarang bergaul dengan anak-anak dari departemen lain. Mereka terlalu fokus dengan kuliahnya. Alhasil, gw ngerasa kasihan dengan temen gw (inisial “A”) anak Farmasi yang merasa tersisihkan. Beliau-lah satu dari segelintir mahasiswa yang mau ikut organisasi seperti BEM. Coba cari di list kepengurusan BEM. Anak Farmasi tuh jarang banget. Mungkin karena emang kesibukan kuliah kali ye?

Tunggu dulu, beberapa blok dari kamar gw dan gw kenal sama tu cowok (inisial “A”-lagi), dikala malam suntuk atau BETE, biasanya gw ngajakin temen-temen seperti W-dari Biologi siapa aja nonton DVD bareng di kamar gw. Tapi begitu gw aja si A, dia dengan senyum sumringah menolak ajakan gw itu dan dengan syok-nya tempelan rumus-rumus dll. nemplok semua di dinding hingga jendela kamarnya. BUSEEEEDHH!!! Dengan halus dia menolak, lalu keesokan harinya gw ajak makan bareng dan dia menolak dengan dalih udah makan. Gw ngelirik ada piring dan gelas kotor ngegeletak di meja belajarnya yang disampingnya banyak buku-buku tebel. BUSEEETTT!! Balik kuliah langsung ngamar, makan di kamar, tidur di kamar, ALL BY HIMSELF!! Gila!! Apa gak hambar tuh kehidupannya??? Udah gedenya jadi apa ya tuh orang? =_=”

Oh iya, cowok-cowok farmasi terkenal lemah gemulai. Emang sih, ada yang ganteng, tapi coba deh lo towel dikit, tiba-tiba dia langsung latah seperti ini : “Eh…copot..copot!! Iiiih~ kamu iseng banget sih? Aku kan kaget..!” :P Karena rasio cowok : cewek yang cukup jauh, 1 : 9, maka jangan harap bikin tim futsal di farmasi…Oh iya, IPK mereka rata-rata maut semua loh >3.5!!! Oh iya, cewek-cewek Farmasi ca’em-ca’em loooh~

BIOLOGI

Anak-anak Biologi cukup asik, kompak, dan selalu riang gembira. Sama dengan matematika, ada yang study oriented, ada juga yang active oriented. Yang pasti cowok Biologi ada yang keren, ada juga yang bapuk (salah satunya temen gw). Cewek-ceweknya manis, ada yang lucu. Dan rata-rata banyak yang mengarahkan kekeran-nya pada cewek-cewek Biologi yang katanya termasuk ke dalam “Kriteria Muslimah Romantis~” *halah*

Ratio cowok : cewek standar.. Pokoknya betah deh di sini. Mau tipe apa aja ada. Buat cowok solehah yang mau cari istri solehah boleh juga ngeker-ngeker di sini :D

FISIKA

Ini nih!! Biangnya cowok-cowok keren! Mau apa aja, ada! Tinggal pilih dagh..Cowok-cowok keren yang rata-rata nggak kesampean masuk Teknik biasanya numplek di sini. Hahahaha! Banyak cowok-cowok idaman di sini, mulai yang mirip Jeremy Thomas sampai Pasha Ungu juga siap untuk disantap cewek-cewek departemen lain. Cowok-cowok Fisika bisa dibilang kehidupan kuliahnya selesai kuliah langsung maen futsal atau maen basket. Tapi jangan salah, biarpun terkenal “player” mereka itu IPK-nya bisa dipertanggungjawabkan (artinya gak bikin malu transkrip) :P

Cewek-cewek fisika juga mulus-mulus. Apa karena sering ngadepin rumus-rumus laknat fisika resep utama mereka yak?? Mungkin boleh dicoba..Hehehe.. Dulu departemen Fisika sering banget berantem sama anak-anak Departemen Geografi. Itu tahun 90-an loh. Sekali ketemu, maenannya golok!!!! Bujug dah!

Sekarang nggak jaman lagi kayak begituan.. Kita malah menjalin hubungan erat dengan anak-anak fisika. Kalo ngadu futsal paling rame tuh Geo VS Fisika.. Heboh dagh!!

Hmm..berteman dengan mereka so far so fine..asik banget kok. Lumayan kalo gw ribet sama mata kuliah Fisika Dasar bisa nanya-nanya :D.

KIMIA

Kalo ini kebalikannya fisika, hampir mirip farmasi yaitu cukup didominasi oleh cewek-cewek bening. Hahaha…Cowok-cowoknya, sebagian ada yang lemah gemulai sebagian ada yang macho. Mereka juga cukup rame kok. Walaupun kebanyakan dari daerah tapi mereka bisa dibilang eksis dan punya pergaulan yang luas. Gw punya banyak temen anak Kimia, mereka enjoy, gw pun enjoy. Mereka bantuin gw Kimia Dasar, gw bantuin mereka mata kuliah pilihan : Geologi. Hehehe..simbiosis mutualisme antara Kimia dan Geografi.

Cowok-cowoknya juga lumayan jago futsal. Tapi gw lebih suka liat cewek-cewek beningnya.. :D

GEOGRAFI

Akhirnya mengulas departemen yang satu ini. Hanya satu kata : HEBOH! Hahahaha..di Geo gak pandang bulu, mau lo miskin, kaya, cakep, jelek pasti jadi korban gosip. Departemen yang pebuh gosip dan siap-siap dicecar pas Forkat dimana kita bisa curhat ke angkatan. Geografi bisa dibilang departemen paling santai. Kerjaannya kalo gak ke perpus (bukan baca buku, tapi buka Facebook..), nongkrong di kantin, ke rental PS, ato ngegosip ria, paling maen futsal :D..Hahahaha…ratio cewek : cowok tahun ini balance lah, beberapa ada yang lemah gemulai, but it doesn’t matter yang penting kita teteup satu..

Kelemahannya..apa yah? yang dirasain sama temen gw sih, kalo geo itu penuh sama orang-orang narsis. Hahaha..bukan, tapi terkadang kalo bercanda suka gak tau limit. Jadi mesti sabar deh..Oh iya, mesti sabar juga nanti kalo praktikum banyak kehilangan barang (yang entah suka nyempil dimana..) seperti rapido (yang sepak harganya kurang lebih 500 rebong..). Hmm..tapi kekeluargaan di geo sangat erat.. Hehehe..

Segitu aja dulu hasil observasi gw. Ya semoga buat yang akan/mau/udah lulus ujian masuk dan nyasar di Fakultas ini lebih bisa mempersiapkan pandangan bagaimana dinamika yang akan terjadi sesungguhnya. Okay that’s all..

18 thoughts on “Orientasi Kehidupan Fakultas MIPA UI

  1. Sy terhibur bgt dgn tulisan ini,tulis lg serba serbi ttg dosen/pengajarnya….. hidup fmipa ….. sukses bwt mhsw/i,smoga cita2 kalian tercapai … amin …

  2. amiiin…anak mipa jangan mau kalah sama teknik yaa~
    hahaha secara anak teknik butuh anak mipa kalo gak yaaa teori murninya gak bisa diterapin di teknik jadi intinya teknik sama mipa ya sama aja..
    *halah gak jelas*

    • maaf bukannya gw cari gara-gara, ini berdasarkan pengalaman dan pandangan gw sendiri, kalau situ keberatan dengan tulisan ini bisa ngomong baik-baik kan? karena situ keliatan keberatan, maka tulisan ini gw perbaharui..

  3. ^
    santai mass..bukannya udah gw jelasin semuanya? itu bukan fitnah, ini pandangan gw sendiri dan gw tau bener siapa ma** tsb. Tulisan sudah diedit, trus yang menjadi masalah apalagi? Masih bisa ngomong baik-baik kan? case closed..

  4. hahaha.. kocak nulisnya..

    kesamaannya sama MIPA UGM yah cuma di Dept. Fisika-nya, mir.hehehe

    Cowoknya keren-keren (gua termasuk gak yah?), santai tapi IPK bisa dipertanggung jawabkan (guee banget !).

    hehehehe

    • waaah..sudah alumni ternyata -_-’
      hahaha..salam kenal juga..
      btw, FYI
      mipa kampusnya mau dirombak..
      tamannya mau dipercantik XD

      can’t wait…

  5. mipa,mipa..kapan ya tu lapangan futsal n basket yg skali jatoh disitu dijamin langsung bedarah2 bakal dibenerin?ckckck..-__-
    oh,btw gw bio ’08..

    • udah ada korban tuh anak geo08…yang jempol kakinya sampe menganga lebaaaaaaar :X ngeri liatnya…hahahaha

Leave a Reply

